May 19, 2011

Spaghetti Saos Daging

Resep ini aku liat dari resep dapur solia yang ternyata resep awalnya diambil dari resep keluarga cinta by Hanna.

Sekilas liat resepnya rumit sekali untuk buat spaghetti ini, ternyata mudah ^.^

Tampilan spaghetti saos daging recipe by Hanna Naniek, modifikasi by Dapur Solia, dan ini hasil modifikasi dari si chubby ^.^

Ini resepnya (aku ambil 1/2 resep dari dapur solia) 

Bahan2 saos:

500 gr Daging cincang --> aku pake 250gr daging cincang
250 gram Jamur merang --> aku pake 1/2 pak jamur merang (1 pak 175gr)
5 siung Bawang putih cincang --> 3 siung bawang puih parut
1 buah Bawang bombay besar iris tipis ---> 3/4 bawang bombang cincang, bentuk kotak2
170 gram (1 kaleng) Pasta tomat Delmonte --> aku pake pasta Delmonte ukuran 375gr, pake 1/2 kaleng
170 gram Saos tomat botol Delmonte ---> 1/2 botol saus tomat delmonte
Gula pasir (sesuai selera)
1 sdt Merica bubuk (atau sesuai selera)
1/2 sdt Pala bubuk (atau sesuai selera)
3-4 lembar Bay leaves kering disobek sobek --> ngga pake
1/2 sdt Oregano --> aku pakein secukupnya
500 ml Susu cair atau red wine --> aku pake 200ml susu
2 sdm Margarine / minyak untuk menumis -->
Garam sesuai selera (sedikit saja)

Bahan2 untuk spaghetti:

500 gram Spaghetti (aku pake LaFonte) ---> cuuman pake 250gr spaghetti laFonte
1 sdt Garam --> sejumput garam
Mentega

Pelengkap : keju kraft - parut

Cara Membuat:

1) Tumis bawang putih sampai harum, masukkan bawang bombay cincang, aduk2 hingga layu
2) Masukkan daging cincang, masak hingga berubah warna.
3) Masukkan jamur merang.
4) Masukkan air / susu / red wine.
5) Masukkan tomat pasta / botol / segar, aduk2.
6) Masukkan semua bumbu (gula, bumbu Italy, merica, pala, garam). Cicipi.
7) Masak hingga saos mendidih
8) Membuat spaghetti: didihkan air secukupnya, masukkan mentega, spaghetti. Kasi sejumput garam (kalau suka)
9) Sajikan dengan keju parut

1 comment: