March 07, 2011

Rolade ayam keju

Aku selalu penasaran ama namanya rolade...
Setiap orang kasih rolade kok enak banged... cari2 deh di sumber terpercaya yaitu Mr. Google, terus aku ketemu resep rolade ayam keju ini disini 
Seperti biasa, aku liat2 caranya mudah.. aku buat deh, tapi hasilnya kok rasanya nga seperti rolade yg biasa aku makan yah? hmm apa ada yang salah? :D

Ini resep rolade yang kudapat dengan sedikit modif, aku nga pake kornet ayam :D
Tadaaaa... berikut resep rolade ayam keju si chubby :)
  • 200 gr ayam cincang (kurleb)
  • 4 lembar roti tawar  direndam dalam 100 ml susu, haluskan -->buang pinggir2an roti tawar
  • 100 gr keju cheddar - parut
  • 2 butir telur
  • 1/4 buah bawang bombay, cincang halus
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt pala bubuk
  • 1 tangkai daun bawang
  • minyak untuk menggoreng
Bahan saus:
  • 2 sdm margarin
  • 1/4 buah bawang bombay cincang halus
  • 2 sdt tepung maizena (encerkan dgn sedikit air)
  • 300 ml kaldu ayam
  • 3 sdm saos tomat
  • 1 sdt saos sambal (bila suka)
  • 3/4 sdt garam
  • 1/2 sdt merica hitam bubuk
  • 1 1/2 sdt gula pasir
Bahan pencelup:
  • 1 butir telur – kocok lepas
  • 1 siung bawang putih - parut
  • 1 batang daun bawang - iris tipis
Cara Membuat Rolade:
  1. Campur roti tawar rendam, ayam cincang, keju, telur, bawang bombay, garam, merica bubuk, pala bubuk, dan daun bawang. Aduk rata.
  2. Masukan daging yang sudah kecampur dalam plastik, bentuk memanjang.
  3. Kukus 30 menit --> aku kukus pakai rice cooker :D
  4. Celup dalam kocokan telur. Goreng sampai kecoklatan.
  5. Potong melintang, goreng lagi sebentar.
Cara Membuat Saus:
  1. Tumis bawang bombay,
  2. Masukkan kaldu sedikit sedikit sampai licin
  3. Masukkan saos tomat, saos sambal, garam, merica hitam, dan gula pasir, larutan maizena. 
  4. Masak hingga mengental.



No comments:

Post a Comment